Apa itu Invoice dan Bagaimana Perbedaannya dengan Kwitansi?

Kwitansi dan invoice adalah dokumen yang umum digunakan dalam transaksi bisnis. Meskipun ada beberapa dokumen lain, namun kedua dokumen inilah yang sering digunakan dalam transaksi.

Diantara sekian banyak dokumen yang digunakan dalam bisnis, invoice dan kwitansi lah yang seringkali membingungkan pihak – pihak yang terlibat dalam transaksi bisnis. Padahal mungkin, pihak – pihak ini terutama pembeli seringkali menerima invoice maupun kwitansi. Lalu, invoice adalah dokumen seperti apa dan bagaimana perbedaannya dengan kwitansi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, alangkah lebih baiknya jika mengetahui arti dari invoice adalah dan arti dari kwitansi, serta fungsi dari kedua dokumen bagi perusahaan.

Sumber: https://templates.office.com/en-us/simple-service-invoice-tm16400961


Apa itu Invoice? Invoice adalah

 Invoice adalah dokumen yang diterbitkan oleh perusahaan sebagai pihak penjual kepada pembeli, yang mana berisi tagihan yang harus dibayarkan oleh pembeli dalam tempo waktu tertentu. Selain itu, invoice adalah dokumen yang menunjukkan telah terjadi transaksi kredit antara penjual dan pembeli.

Di dalam invoice terdapat informasi – informasi penting terkait transaksi yang terjadi, yaitu keterangan pihak penjual dan pembeli, tanggal transaksi, detail produk yang dibeli, harga tiap produk, total harga produk, serta tanda tangan penjual. Yang mana invoice ini dikirim sebelum pembayaran dilakukan.

Invoice adalah dokumen penting yang dibuat sebanyak tiga rangkap. Salinan pertama diberikan kepada pihak penjual sebagai arsip dan bukti penagihan, salinan kedua diberikan kepada bagian keuangan, dan salinan ketiga diberikan kepada pembeli.

Fungsi utama dari invoice adalah sebagai dokumen penagihan oleh penjual kepada pembeli. Selain itu, fungsi lain dari invoice adalah sebagai referensi dalam pembukuan keuangan perusahaan, bukti adanya transaksi dan sebagai arsip. Serta bagi pihak pembeli, invoice berfungsi sebagai dokumen yang sah ketika akan mengajukan komplain terkait barang atau total tagihan yang tidak sesuai.

Apa saja Ciri – ciri Invoice? Ciri – ciri Invoice adalah

Invoice memiliki ciri – ciri khusus yang membedakannya dengan dokumen lain, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat waktu tempo pembayaran sehingga pembeli tahu kapan harus melunasi tagihan.
  2. Nomor referensi yang tertera berbeda – beda setiap invoice, sehingga perusahaan tidak memiliki invoice yang terduplikat.

Apa itu Kwitansi yang Berbeda dengan Invoice adalah

Sumber: https://www.amazon.com/Rediform-Receipt-Carbonless-Duplicate-8L820/dp/B0006HVH9A

Kwitansi adalah tanda bukti transaksi serta penerimaan uang atas pembayaran produk baik barang atau jasa, dari pembeli kepada penjual. Yang mana pada lembar kwitansi terdapat tanda tangan pihak penjual yang mengesahkan bahwa pembeli telah membayar tagihan.

Kwitansi dikeluarkan setelah pembayaran barang diterima oleh penjual. Dimana kwitansi memiliki dua lembar salinan, salinan yang berukuran besar untuk pembeli, dan salinan kecil untuk penjual sebagai arsip.

Ciri – ciri kwitansi adalah terdiri dari dua bagian, yaitu bagian kanan dan kiri. Dimana bagian kiri yang merupakan cetakan kecil disimpan oleh penjual, dan bagian kanan yang berupa cetakan besar diberikan kepada pembeli.

Selain itu, di dalam kwitansi terdapat informasi mengenai produk, jumlah yang dibayarkan, alamat, tanggal pembelian, serta nama dan tanda tangan penjual.

Perbedaan Kwitansi dengan Invoice adalah

Supaya lebih memahami kwitansi dan invoice, berikut ini perbedaan antara kwitansi dengan invoice adalah sebagai berikut:

  1. Invoice adalah dokumen permintaan pembayaran, sementara kwitansi adalah dokumen konfirmasi pembayaran.
  2. Invoice adalah dokumen yang dikeluarkan sebelum terjadinya pembayaran, sementara kwitansi adalah setelah pembayaran.
  3. Invoice berfungsi sebagai dokumen untuk melacak penjualan produk, sementara kwitansi untuk dokumentasi dan arsip bahwa penjualan telah dilaksanakan.
  4. Di dalam invoice terdapat informasi jumlah total yang jatuh tempo, sementara kwitansi menunjukkan jumlah total yang dibayarkan dengan cara pembayarannya.

Setelah mengetahui perbedaannya, tentu tidak bingung lagi dengan pengertian invoice dengan kwitansi, bukan?