7 Alasan Anda Harus Memelihara Kura-Kura

/

Kura-kura adalahreptil yang paling tidak sedikit dipelihara sebab lucu dan menggemaskan. Kehadirannya sering kali disandingkan dengan ikan. Bahkan sering kita temukan kura-kura dan ikan sedang di satu lokasi yang sama. Banyaknya orang yang merawat kura-kura ini pasti bukan tanpa sebab. Hobi seringkali memelihara dan  manfaat kura-kura dengan sekian banyak  alasan.

Dan dari sekian banyak dalil untuk merawat kura-kura, 7 diantaranya pantas Anda pertimbangkan. Apa saja dalil tersebut? Simak berikut.

  1. Faktor air tidak terlampau berpengaruh

Kura-kura darat memang hidup di daratan, sampai-sampai jarang berkontak dengan air secara langsung. Hal ini tentu mempermudah Anda bukan? Banyak sekali orang yang mengeluhkan berhubungan masalah air, entah tersebut karena boros atau merepotkan. Nah tapi urusan tersebut tidak berlaku saat Anda merawat kura-kura darat, kita tidak perlu merawat kura-kura tersebut memakai air untuk lokasi hidupnya. Cukup sediakan saja taman atau lokasi yang luas (menurut keterangan dari si kura-kura).

Dan meskipun Anda merawat kura-kura air (semi-akuatik maupun full-akuatik), hal air tidak terlampau berpengaruh. Karena kura-kura air bernafas memakai paru-paru, bukan insang. Jadi walaupun air tersebut sarat dengan amonia pasti saja kura-kura lebih tahan ketimbang ikan. Jadi dapat dibilang hal air tidak dominan secara langsung berhubungan hidup-matinya si kura-kura tersebut. Dengan begitu kita tidak terlampau pusing memikirkan masalah air laksana bagaimana mengurasnya, kapan mesti ganti air, dll.

  1. Makanan yang lebih mudah

Makanan kura-kura darat maupun air sama-sama gampang didapatkan. Sekalipun kura-kura darat dan air mempunyai makanan yang tidak banyak agak berbeda. Jika kura-kura darat memakan sayur-sayuran atau buah-buahan, urusan tersebut tidak terlalu susah bukan guna didapatkan? Anda dapat membeli sayur atau buah itu di pasar tradisional terdekat, atau barangkali di supermarket. Jika berkata mengenai kura-kura air, pasti makanannya sangat gampang sekali didapatkan. Apa itu? Pellet! Benar sekali. Pellet paling mudah diperoleh di pasar-pasar tempat memasarkan ikan hias dan kura-kura hias. Pellet bahkan mempunyai harga yang paling terjangkau. Tidak melulu murah, pellet pun termasuk tahan lama. Asalkan Anda menempatkan di lokasi tertutup, urusan ini demi menangkal pellet itu dikerubungi oleh gerombolan semut. Bagaimana andai kura-kura air termasuk fauna predator? Yang notebenanya melulu ingin memakan sesuatu yang berbau daging. Mudah saja, Anda dapat membeli ikan lele mati di pasar(yang seringkali untuk dikonsumsi oleh manusia).

  1. Memiliki usia yang paling lama

Di sekian banyak  sumber menuliskan bahwa kura-kura adalahsimbol usia panjang. Hal ini tidak salah kok, sebab memang faktanya kura-kura dapat hidup sampai ratusan tahun. Kita dapat saksikan sendiri di alam binal bahwa kura-kura tersebut dapat bertahan hidup sampai 100 tahun atau bahkan lebih. Ini pasti menjadi pertimbangan kita saat hendak memmbeli kura-kura bukan?

  1. Bisa disuruh bermain

Berbeda dengan ikan hias yang hanya dapat dinikmati dari luar akuarium alias hanya dapat dinikmati dengan mata. Kura-kura sama sekali bertolak belakang dengan yang namanya ikan. Kura-kura dapat Anda ajak bermain, lagipula bisa kita sentuh langsung. Tentu sebuah hal yang menyenangkan. Nah kura-kura dapat juga kok disuruh bermain dengan anak kecil (dengan daftar kura-kura itu mempunyai temperamen yang baik dan kalem).

  1. Warna tubuhnya yang bagus

Siapa sih yang bakal menyangkal bila kura-kura punya warna yang bagus dan menarik? Memang ada sejumlah jenis kura-kura yang tempurungnya tidak mempunyai warna yang bagus. Tapi andai kita lihat, masih tidak sedikit sekali kura-kura yang mempunyai motif terang dan estetis di tempurungnya. Ada yang berwarna kuning, merah, hijau, dan masih tidak sedikit lagi. Tentunya warna-warna tersebut seringkali dipadukan dengan warna dasar yakni putih atau hitam.

  1. Sebagai investasi maupun kesempatan bisnis

Ternyata mempunyai kura-kura tidak melulu sekedar kegemaran saja. Hobi merawat kura-kura dapat juga kita jadikan sebagai ladang investasi. Di samping investasi, untuk Anda yang suka dan punya jiwa berbisnis, Anda dapat menjadikan kura-kura sebagai kesempatan bisnis. Anda dapat saja mulai dari kini berjualan kura-kura. Tidak butuh langsung yang mahal-mahal, andai Anda pemula, mulai dulu dari yang murah. Seiring berjalannya masa-masa dan bisnis kita berkembang, Anda dapat berjualan kura-kura yang lebih mahal.

  1. Mengisi masa-masa luang

Bagi kita yang tidak jarang memiliki tidak sedikit waktu luang namun hanya dipakai untuk sesuatu yang tidak berguna, lebih baik Anda merawat kura-kura dari kini deh. Mengapa? Banyak sekali latihan yang dapat Anda dapatkan dari merawat kura-kura. Mulai dari seluk beluk kura-kura, menata waktu, kedisplinan, kasih sayang dengan hewan, dan masih tidak sedikit manfaat lainnya. Tentu urusan itu tidak kita dapatkan andai Anda melulu mengisi masa-masa luang dengan sia-sia. Sekali lagi, bila melulu sekedar memenuhi waktu luang, tidak masalah mempunyai kura-kura yang mempunyai harga murah. Yang urgen Anda dapat bertanggung jawab untuk mengawal kura-kura itu dengan kasih sayang.

Nah itulah 7 dalil mengapa kita usahakan mesti merawat kura-kura dari sekarang. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi dan membuka wawasan Anda, terutama bilamana Anda masih bimbang untuk melakukan pembelian kura-kura.

Hubungi Kami

petpintar.com

[email protected]

+6281211216467